Apakah Thibaut Courtois akan bermain lawan Chelsea di semifinal Liga Champions?

Sebelum pengundian semifinal Liga Champions, kubu Atletico Madrid menyatakan kiper Thibaut Courtois akan amat sulit diturunkan jika harus berhadapan dengan Chelsea, klub yang memiliki pemain itu. Lantas bagaimana situasinya kini saat kedua tim benar-benar mesti berhadapan?

Courtois memang berstatus pemain pinjaman dari Chelsea. Berhembus laporan bahwa jika kedua tim berhadapan berhadapan di semifinal maka Atletico mesti membayar sekitar 8,25 juta poundsterling kepada Chelsea untuk bisa memainkannya. Untuk Atletico, jumlah tersebut sama sekali tidak kecil dan amat sulit untuk digelontorkan begitu saja.

Hal itu lantas dikonfirmasi secara tidak langsung oleh Presiden Atletico Madrid Enque Cerezo. "Jika kami menghadapi Chelsea, Courtois tidak akan tampil. (Nilai) Itu merupakan sebuah nominal yang tak bisa kami bayar," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, beberapa saat sebelum proses pengundian babak semifinal UEFA pun mengeluarkan pernyataannya mengenai situasi dari Courtois tersebut.

"Integritas kompetisi olahraga adalah prinsip mendasar bagi UEFA. Baik Liga Champions maupun peraturan disiplin UEFA memiliki ketentuan-ketentuan jelas yang dengan tegas melarang setiap klub untuk menggunakan, atau mencoba untuk menggunakan, pengaruh apapun atas klub lain untuk memainkan (atau tidak memainkan) pemain dalam sebuah pertandingan," tegas UEFA di situs resminya.

"Oleh karena itu ketentuan dalam kontrak pribadi antara klub-klub yang berfungsi sedemikian rupa untuk memengaruhi siapa yang akan dimainkan oleh klub dianulir, batal, dan tidak dapat dilakukan. Selain itu, setiap upaya untuk memberlakukan kembali ketentuan tersebut akan melangar peraturan Liga Champions maupun peraturan disiplin UEFA sehingga bisa dikenai sanksi," lanjut pernyataan tersebut.

Pernyataan UEFA itu tentu saja jadi krusial karena Atletico lantas memang harus berhadapan dengan Chelsea di babak empat besar.

Nah, lampu hijau dari UEFA untuk Atletico agar dapat memainkan Courtois itu kemudian diperkuat oleh komentar dari Chief Executive Chelsea Ron Gourlay.

"Kesepatakan peminjaman itu diatur di awal musim. Sederhananya, Thibaut bisa bermain lawan Chelsea. Itu tak pernah diragukan. Mengenai pernyataan UEFA, kami akan mengevaluasi hal itu pada waktunya. Dari sudut pandang kami, yang utama adalah kami telah menuruti peraturan peminjaman pemain," tegasnya diSky Sports.
0 Komentar untuk "Apakah Thibaut Courtois akan bermain lawan Chelsea di semifinal Liga Champions?"
Back To Top