Raport Pemain Chelsea vs Barcelona


Barcelona boleh bermain bagus melawan klub lain, tapi tadi malam mereka gagal menunjukkannya ke Chelsea. Hanya keberuntungan dari satu-satunya shot on target di menit terakhir injury time yang meloloskannya ke Final.

Barcelona hanya mampu menguasai bola selama pertandingan tapi hanya menghasilkan satu peluang dan itu gol!. Berikut ini raport pemain yang dikutip dari Goal dan Okezone

Versi Goal

CHELSEA
Petr Cech 6 Tak banyak bekerja sepanjang pertandingan dan takluk lewat satu-satunya tendangan yang mengarah ke gawangnya. Sayang, inisiatifnya untuk naik membantu serangan tak membawa gol kemenangan.

Jose Bosingwa 7 Tampil disiplin dan tanpa kompromi dalam mengawal sektor pertahanannya. Barisan pemain Barcelona sulit melewatinya, tapi ikut "memberikan" gol dramatis Andres Iniesta.

John Terry 8 Sangat menentukan di lini pertahanan Chelsea. Kehadirannya membuat tenang rekan-rekan setim. Nyaris tidak membuat kesalahan sepanjang pertandingan dan sukses mementahkan semua serangan Barcelona.

Alex 7,5 Pasangan sejati bagi Terry di lini pertahanan. Tangguh di udara dan cepat mengisi posisi.

Ashley Cole 7 Mampu mengawal gebrakan Lionel Messi dan Dani Alves dengan baik. Sesekali ikut menyerang. Gol Michael Essien adalah buah dari gebrakannya.

Michael Essien 7 Menciptakan gol yang indah dan hampir menjadi pahlawan bagi Chelsea. Tampil tanpa kompromi di lini tengah dan vital bagi pertahanan tim secara keseluruhan.

Michael Ballack 7 Kecuali protes berlebihannya kepada wasit Tom Henning Ovrebo, Ballack mengendalikan lini tengah Chelsea dengan baik dan sulit ditaklukkan gelandang lawan.

Frank Lampard 8 Boleh dibilang pemain Chelsea yang berpenampilan terbaik dalam pertandingan. Umpan-umpannya sering menciptakan peluang dan tak ragu melakukan gasakan demi menghentikan serangan lawan.

Florent Malouda 7,5 Kecepatannya merepotkan Dani Alves, di samping perseteruan keduanya pada laga pertama di Camp Nou. Hanya masalah yang diciptakannya bagi pertahanan Barça.

Nicolas Anelka 6,5 Tampil baik dan merepotkan sebagai "pelayan" bagi striker utama. Berkat kecepatannya, Anelka merepotkan Gerard Pique dan mengakibatkan kartu merah untuk Eric Abidal.

Didier Drogba 5 Selain menggelepar di atas lapangan untuk meminta perhatian wasit, Drogba memiliki dua peluang mencetak gol untuk "membunuh" pertandingan. Keduanya diselamatkan kaki Valdes. Tapi yang paling berkesan tentu saja adalah aksi teatrikalnya, bukan penyelesaian sang striker.

Pengganti:
Juliano Belletti 6 Tampil menggantikan Drogba dan cukup baik melapis serangan dari sayap kanan, meski tak banyak berkontribusi pada pertandingan.

BARCELONA
Victor Valdes 7 Sedikit lebih repot dibandingkan Cech dengan mementahkan dua peluang Drogba. Tak banyak diganggu umpan-umpan silang yang ditakutkannya dalam pertandingan.

Dani Alves 5,5 Harus belajar mengedepankan kepala dingin, bukan emosi. Umpan-umpan silang Alves lebih sering tak terarah, apalagi tendangan langsungnya. Untunglah satu kesempatan terakhir Barça yang berbuah gol dramatis diawali dari kakinya.

Eric Abidal 7 Sering membantu serangan Barça dari sektor kiri. Malangnya, dihukum wasit dengan kartu merah karena dianggap menjatuhkan Anelka di depan kotak penalti. Sebenarnya kartu kuning sudah cukup untuk pelanggaran tersebut.

Gerard Pique 8 Memberikan segala kemampuan yang dimilikinya sepanjang pertandingan -- bahkan dengan tangannya. Di luar insiden handsball tersebut, Pique tampil meyakinkan di tengah absennya Carles Puyol dan Rafael Marquez.

Yaya Toure 7,5 Sedikit gagap karena memainkan posisi barunya sebagai bek tengah. Tapi, berkat kemampuan sebagai gelandang bertahan, Toure pandai memulai serangan dari lini belakang Barça.

Sergio Busquets 6 Nyaris tak terlihat sepanjang pertandingan. Tenggelam di bawah kemampuan teknik para gelandang dan penyerang rekan setim, serta terlihat tak banyak berpengaruh dalam pertahanan.

Xavi 6,5 Lagi-lagi menjalankan peran pembagi bola di lini tengah. Umpan-umpan kunci sering tercipta dari kaki sang kapten. Namun, ketatnya pertahanan Chelsea membuat tak ada umpan mematikan yang lahir dari kakinya.

Seydou Keita 6 Paling sering membantu serangan dibandingkan dua gelandang Barça lainnya. Saat Abidal dikartumerah, Keita sanggup menjadi bek kiri dadakan dengan segenap tenaga yang dimilikinya.

Andres Iniesta 7,5 Kembali menjadi penentu timnya. Tak banyak yang bisa disaksikan dari Iniesta, seperti giringan atau umpan satu dua sentuhan dengan Xavi atau Lionel Messi. Selain menciptakan gol dramatis, Iniesta seolah-olah terlihat terlalu lama membawa bola.

Lionel Messi 6 Tak banyak bergerak. Begitu mendapatkan bola, dua hingga tiga pemain lawan menutupi pergerakannya. Namun, Messi mampu mengendalikan emosi dan berkat ketenangannya, lahirlah gol dramatis Iniesta.

Samuel Eto'o 5 Tampil tak keruan sepanjang pertandingan. Ke mana ketajaman striker Kamerun ini? Tak menciptakan tendangan ke arah gawang, ragu-ragu dalam membuka ruang, dan tak ada umpan menentukan yang disumbangnya dalam pertandingan.

Versi Okezone

Chelsea:
Petr Cech 6.0: Hanya dikalahkan oleh satu tendangan yang berakibat gol bersarang di jalanya. Kendati tidak beruntung di detik-detik terakhir itu, namun Cech tampil cukup luar biasa.

Jose Bosingwa 7.0: Melakukan tugas defensif dengan sangat baik. Ia tak banyak menyerang, namun mampu memberikan konstribusi maksimal dalam membendung serangan Andres Iniesta dan Daniel Alves, lebih dari 90 menit.

John Terry 8.0: Ahli komando skuad yang lihai mengatur formasi di lini belakang dan menggebrak semangat tempur rekan-rekannya. Ia menghadang langsung sejumlah serangan Barcelona sepanjang pertandingan.

Alex da Silva 7.5: Sedikit menunjukkan permainan halus, malam ini. Pilar lini bertahan ini bermain gesit dan cerdas mengecoh lawan.

Ashley Cole 6.5: Komponen penting lini bertahan Chelsea. Cole mampu mengawal barisannya dengan sempurna sekaligus membantu ekseskusi gol Essien di garda depan.

Michael Essien 6.0: Dia punya dua kontribusi pentingnya malam ini, termasuk satu gol spektakuler, jauh lebih apik dibanding penampilan Zinedine Zidane, 2002 lalu. Sayang, ia gagal menyelesaikan menghadang Barca hingga Iniesta mencetak gol penyeimbang di masa injury time.

Michael Ballack 7.0: Tampil solid meski tidak tampak spektakuler, passingnya cukup lumayan dibanding penampilan Chelsea secara keseluruhan, yang gagal menguasai bola. Ia kecewa berat setelah Barca menyamakan kedudukan.

Frank Lampard 7.5 Tak banyak menyentuh bola dan sering gagal memanfaatkan peluang, meski posisinya cukup membantu eksekusi gol Essien.

Florent Malouda 8.0: Komitmennya tampak saat turun lapangan, Dia berhasil memaksa Daniel Alves bermain lebih bertahan sepanjang pertandingan.

Nicolas Anelka 6.5: Ia berhasil memaksa salah satu bek lawan untuk menjaganya secara ketat. Bahkan, ia nyaris mendapatkan sebuah penalti untuk Chelsea. Dia cukup sukses menggantikan tempat Drogba yang digantikan di babak kedua.

Didier Drogba 6.5 : Ia sempat membuat kacau pertahanan lawan. Tapi, ia seperti tidak mampu menemukan sentuhan akhirnya. Sayang, di pertandingan akhir dia gagal menunjukan sikap sportif dengan terus memprotes keras kepada wasit.

Barcelona:
Victor Valdes 7.0: Ia berhasil melakukan beberapa penyelamatan penting dan berhasil menjalankan tugas sebagai sweeper ketika Chelsea melakukan serangan balik.

Daniel Alves 6.5: Ia bermain terlalu sering menyerang, tapi umpan silangnya tidak terlihat kali ini. Bahkan, ia sempat mendapatkan kartu karena frustasi.

Gerard Pique 8.0: Permainan bagus diperlihatkan Pique. Ia berhasil membuat Drogba dan Anelka tidak nyaman ketika berhadapan dengan mantan bek Manchester United itu selama menjaga pertahanan Barca.

Yaya Toure 8.0: Meski bukan bermain sebagai pemain aslinya di bek, namun Toure berhasil menjaga rekan senegaranya dengan baik. Ia berhasil mematikan pergerakan Drogba.

Eric Abidal 5.0: Abidal beruntung tidak mendapatkan penalti di babak pertama ketika melanggar Drogba. Tapi, ia harus diusir wasit karena melanggar Nicolas Anelka di babak kedua.

Sergio Busquets 6.0: Ia tampil lebih baik di babak kedua dari pada babak pertama. Ia berhasil menemukan ruang untuk menyerang dan memberikan dukungan penuh kepada para penyerang.

Xavi Hernandez 6.5: Ia menguasai bola sepanjang pertandingan. Ia adalah salah satu poin penting kemenangan Barca. Buktinya, sang kapten mampu memberikan umpan-umpan akurat kepada penyerang.

Seydou Keita 5.5: Salah satu unsur penting dari tiga gelandang yang dimainkan Barca. Tapi, penampilannya pada malam ini kurang begitu bersinar.

Andres Iniesta 7.5: Ia berhasil mencuri perhatian seluruh penonton dunia. Ia menjadi bintang dengan mencetak gol kemenangan. Ia menunjukan deterimasi, teknik tinggi dan pantang menyerah sepanjang pertandingan.

Lionel Messi 5.5: Ia tidak berhasil memperlihatkan pertandingan bagus. Bintang asal Argentina itu tidak mampu melepaskan diri dari kawalan bek Chelsea.

Samuel Eto'o 5.0: Ia bermain buruk sepanjang pertandingan. Bahkan, penyerang asal Kamerun ini tidak berhasil melakukan tembakan ke gawang lawan. Permainannya yang sedikit ke kiri, membuat Barca kekurangan daya gedor.
2 Komentar untuk "Raport Pemain Chelsea vs Barcelona"

**Barca cuma menang di 'on the way gol'
Andres iniesta BUKAN PENGHANCUR bgi mimpi2
Chelsea ,
Jhon Terry , dkk..
YOU MUST GO ON ,
ta2p massa depan& REBUT KEMBALI PIALA FA !!

U'RE THE CHAMP ...

Barca VS Chelsea selalu jadi laga yang panas dan keras. Tahun ini Chelsea terlalu defensif terhadap Barcelona. Bagus sebagai strategi, tapi membosankan untuk ditonton.

Semoga laga final lebih atraktif dan saling serbu pertahanan lawan. :)

Back To Top