Winner FA Cup 2009: Chelsea FC




Perpisahan Hiddink berakhir dengan manis. Pria berusia 62 tahun itu berpamitan dengan cara yang indah. Ia meninggalkan sebuah gelar Piala FA di lemari trofi Stamford Bridge. Gelar yang menjadi satu-satunya raihan The Blues pada musim ini setelah mengalahkan Everton 2-1.

Striker Didier Drogba dan gelandang Frank Lampard menjadi pahlawan kemenangan Chelsea di final Piala FA, Sabtu (30/5/2009). Gol-gol dari mereka membuat timnya unggul 2-1 atas Everton.

Chelsea yang bermain dengan memakai kostum kuning-kuning, terhentak oleh gol cepat Louis Saha di detik ke-25. Bermula dari umpan Steven Pienaar di sayap kiri, sundulan Marouane Fellaini di dalam kotak penalti disambar Saha dengan tembakan voli kaki kiri, yang menghujam gawang Petr Cech.

Chelsea tidak tampak panik walaupun kebobolan oleh gol cepat tersebut. Tim asuhan Guus Hiddink itu tetap mencoba bermain ofensif, yang itu pun diladeni oleh Everton.

Hasilnya, di menit 21 mereka memperoleh hasil manis. Dari serangan yang dirancang dari para gelandang, Florent Malouda melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti Everton, di mana Drogba berhasil menanduknya untuk mengoyak jala Tim Howard.

Di babak kedua permainan masih relatif seimbang, dengan kedua tim tetap bermain terbuka. Akan tetapi tidak terlalu banyak tembakan ke arah gawang dan pertarungan lebih ketat di lapangan tengah.

Salah satu kesempatan diperoleh Nicolas Anelka di menit 59. Namun tendangan lob top skorer Premier League itu masih melenceng dan tinggi dari bidang sasaran. Tiga menit kemudian, Everton melakukan tekanan balasan melalui tembakan Tim Cahill. Tapi tingkat kekencangan tembakan itu tidak tinggi sehingga mudah dijinakkan Cech.

Di menit 71 terjadi gol ketiga dalam laga ini. Dari umpan pendek di antara Michael Ballack dan Nicolas Anelka, Lampard mempertontonkan aksinya. Setelah menggocek seorang pemain lawan, dari luar kotak penalti ia melepaskan tembakan kaki kiri ke kanan gawang Howard, yang kemudian tak mampu dihadang kiper asal Amerika Serikat itu. 2-1 Chelsea memimpin.

Gol tersebut membuat Chelsea tampak makin percaya diri. Mereka terus menjaga ritme permainannya dengan mengendalikan lapangan tengah. Di menit 77 Malouda nyaris memperbesar kemenangan Chelsea ketika tendangannya dari luiar kotak penalti membentur mistar gawang. Bola memantul ke dalam lapangan dan segera diamankan Howard. Walau dari sekilas dari tayang ulang televisi, bola terlihat telah melewati garis gawang.

Peluang terakhir yang muncul adalah milik Anelka di masa injury time. Namun bola sepakannya melewati mistar gawang Everton.

Susunan Pemain:

Chelsea (4-3-3): Cech; Bosingwa, Alex, Terry (c), A Cole; Essien (Ballack 60), Mikel, Lampard; Anelka, Malouda, Drogba.

Goals Drogba 20, Lampard 71
Booked Mikel 62, Lampard 83

Everton (4-4-1-1): Howard; Hibbert (Jacobsen h-t), Yobo, Lescott, Baines; Osman (Gosling 82), Neville (c), Cahill, Pienaar; Fellaini; Saha (Vaughan 76).

Goals Saha 1
Booked Hibbert 7, Neville 47, Baines 90+3
0 Komentar untuk "Winner FA Cup 2009: Chelsea FC"
Back To Top