Mourinho mungkin akan kembali ke Chelsea

wallpaper jose mourinho
Sosok seorang Jose Mourinho memang tidak akan dilupakan oleh banyak orang, apalagi buat fans Chelsea. Mourinho telah memberikan 6 gelar buat the blues hanya dalam jangka 6 tahun masa kepelatihannya. Dua tropi premierleague(2004/05,2005/06), dua Piala Carling (2005,2007) dan 1 kali juara Piala FA(2007) serta juara Community shield (2005). Tentu sederet prestasi dan gelar tersebut tidak mudah dilupakan oleh para petinggi manajemen Chelsea apalagi supporternya. Simak saja ketika Mourinho dan CEO Chelsea Peter Canyon mengumumkan telah terjadi kesepakatan pemutusan kontrak September 2007 lalu, ribuan fans Chelsea berunjuk rasa di Inggris dan beberapa pertandingan setelahnya terasa kental suasana kecewa terhadap keputusan dari manajemen klub tersebut. Begitu juga dengan kita di Indonesia, tentu sangatlah kecewa. Tidak ada lagi the spesial one yang selalu menjadi buah bibir orang. Tidak ada lagi sosok yang selalu dikejar komentar dan tingkah lakunya oleh wartawan.

Namun itulah hidup selalu ada perubahan dan dinamika. Avram Grant yang ditunjuk menjadi pelatih cukup bisa mengganti peran seorang Mourinho. Walau pada laga perdananya harus takluk di Old Trafford oleh MU 2-0. Namun pria asal Israel ini bukanlah seperti Mourinho yang flamboyan dan attraktif penuh ekspresi kegembiraan di pinggir ataupun di luar lapapangan. Apalagi Grant gagal mempersembahkan piala Carling yang kalah dari Tottenham 2-1 di final. Padahal piala carling ini bagi Mourinho adalah gelar pertama yang diperuntukannya buat Chelsea. Grant juga gagal di Piala FA bahkan tersingkir dengan tragis oleh tim yang jauh di bawah Chelsea, Barnsley.

Memang rekor tandang, Chelsea musim ini tidaklah bisa terlalu dibanggakan. Chelsea acap kali harus bermain dengan hasil menang tipis atau imbang di kandang lawan. Hasil ini memang berbeda terbalik dengan rekor kemenangan Chelsea di Stamford Bridge, Grant masih meneruskan catatan 77 kali tak terkalahkan di kandang yang dimulai sejak massa pelatih Claudio Ranieri. Di bawah Grant, chelsea musim ini membungkam Manchester City 6-0 dan Derby County 6-1 di Stamford Bridge. Di ajang Premierleague, Chelsea memang sukses merebut posisi dua dari Arsenal, namun 6 pertandingan yang tersisa termasuk menjamu MU harus diwaspadai. Jika Chelsea sukses memperoleh 3 poin dari semua laga, maka peluang Chelsea menjadi juara akhir musim nanti tidaklah mustahil mengingat selisih poin dari MU yang "hanya" 5 saja. MU sendiri harus bertemu Arsenal di samping bertandang ke Stamford Bridge.

Yang agak diwaspadai adalah di ajang Liga Champion. Chelsea yang seharusnya menang mudah melawan Fenerbahce harus kalah 2-1. Jika sampai seri saja pada leg kedua minggu depan, maka tersingkirlah Chelsea di ajang paling bergengsi ini. Tidak menutupi kemungkinan juga, masa kepelatihan Grant akan berakhir musim ini. Bagaimana tidak? Jose Mourinho saja "dipecat" setelah ditahan imbang oleh Rossenborg FC di babak penyisihan grup. Sang boss besar, Roman Abramovich memang mendambakan gelar juara Liga Champion buat Chelsea untuk pertama kalinya begitu juga dengan kita kan :)

Memang sedari awal, Grant tidaklah diplot untuk menjadi pelatih tetap pengganti Mourinho. Kesulitan mencari pelatih besar berbakat sangatlah sulit diwaktu kompetisi liga telah dimulai. Alhasil harus menunggu akhir musim ini, siapakah atau adakah yang akan menjadi pelatih baru Terry dkk. Akankah Frank Rijkaard menjadi pelatih Chelsea yang akan diduetkan kembali dengan Ten Cate? Kita tunggu saja nanti.

Bagaimana dengan Morinho? kabarnya ia diminati oelh banyak klub besar seperti Inter Milan, AC Milan, atau Barcelona. Besarnya patokan gaji Mourinho sewaktu di Chelsea mungkin menjadi kendala negosiasi apalagi buat tim medioker lainnya yang tentu juga ingin menggaet pria asal Portugal ini. Mourinho sendiri mengungkapkan ia sangat mencintai Chelsea, the special one bahkan tidak pernah memburukkan atau mencela tim asuhan Grant setelah ia keluar. Ia memang sosok yang jenius dan profesional. Jose Mourinho berharap setelah melatih klub di Italy atau Spanyol kembali melatih di Inggris baru kemudian melatih timnas Portugal. Tentu saja kita berharap ia kembali ke Chelsea. We always miss you, Jose Mourinho
0 Komentar untuk "Mourinho mungkin akan kembali ke Chelsea"
Back To Top