Capello Cabut Ban Kapten Terry



Pelatih tim nasional Inggris, Fabio Capello, mencabut ban kapten "The Three Lions" dari lengan bek Chelsea John Terry dan menyerahkannya kepada bek Manchester United (MU), Rio Ferdinand. Capello mengambil keputusan ini setelah berdiskusi secara pribadi dengan Terry, selama 12 menit.

Keputusan Capello merupakan tanggapan terhadap opini publik yang berkembang, menyusul terbongkarnya kasus perselingkuhan Terry dengan mantan pacar bek Inggris dan Manchester City, Wayne Bridge, Vanessa Perroncel. Melalui jajak pendapat yang diselenggarakan sejumlah media Inggris, sebagian besar responden menilai skandal itu menunjukkan bahwa Terry melanggar nilai-nilai sportivitas dan karenanya tak pantas memimpin Inggris di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

"Setelah berpikir panjang, saya memutuskan bahwa hal terbaik adalah mencabut ban kapten dari John Terry. Sebagai kapten, Terry menampilkan perilaku yang sangat positif. Namun, saya harus mempertimbangkan hal lain dan apa yang terbaik untuk seluruh skuad Inggris," ujar Capello.

"Apa yang terbaik untuk tim Inggris telah menginspirasi keputusan saya. Saya berterima kasih kepada Federasi Sepak Bola Inggris (FA), terutama Lord David Triesman dan Ian Watmore karena memberikan wewenang memutuskan kasus ini kepada saya," lanjutnya.

Menurut sejumlah orang yang dekat dengan Capello, Capello sebetulnya tidak suka mencampuri kehidupan pribadi pemain. Namun, ketika hal itu mengancam keutuhan tim, ia akan mengambil tindakan tegas. Mantan pelatih timnas Inggris, Graham Taylor, yakin, Capello melihat potensi krisis bila tetap mempertahankan Terry.

Potensi krisis itu adalah keretakan tim. Menurut pemberitaan di Inggris, Wayne Brdige, siap mundur dari timnas bila masih ada Terry. Selain itu, akibat skandal itu, Terry sedang menghadapi kemungkinan gugatan cerai dari istrinya, Toni. Ini akan menyita perhatian Terry yang membuat fokus dan komitmennya kepada timnas berkurang.

Lebih jauh, media Inggris memprediksi, Capello akan serius mempertimbangkan ancaman mundur Bridge. Capello dinilai akan melihat, apakah pencabutan ban kapten sudah cukup untuk memulihkan stabilitas tim. Bila tidak, ia harus memilih mempertahankan Terry atau Bridge.

Dari segi kualitas permainan Terry masih diunggulkan untuk bertahan di timnas. Namun, Capello juga sangat membutuhkan Bridge untuk melapis Ashley Cole di posisi bek kiri. Selain itu, mengingat performa dan fokus Terry terancam melorot akibat kasus ini, bukan tidak mungkin Capello akan sama sekali mencoret Terry dari skuad Inggris untuk Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Juni mendatang.

Sementara itu, gelandang dan kapten Liverpool, Steven Gerrard, terpilih sebagai wakil kapten timnas.

0 Komentar untuk "Capello Cabut Ban Kapten Terry"
Back To Top